Proposal Bisnis "Harajuku Distro"

A. Latar Belakang
Perkembangan Harajuku Style yang diambil dari budaya berpakain para remaja yang ada di Jepang saat ini telah menjamur di kalangan remaja Indonesia, terutama mahasiswa yang ada di Karawang. Sedangkan Distro yang mengkhususkan diri pada Harajuku Style masih terbilang sedikit.
Oleh karena itu, terbuka peluang usaha yang mempunyai potensi pasar yang cukup menjanjikan keuntungan tersendiri. Saat ini bisnis Distribution Outlet (Distro) sedang menjamur. Distro adalah tempat menawarkan aneka macam barang antara lain kaos, pakaian, tas, sepatu, dan segala rupa pernak-pernik yang disukai remaja dan anak muda saat ini. Biasanya selalu mengikuti tren yang sedang berlaku. Akan tetapi hanya sedikit Distro yang berani menawarkan konsep unik dan tidak biasa yang disenangi remaja.
Untuk memenuhi keinginan remaja yang selalu ingin tampil beda dan ekspresif maka konsep bisnis produk Distro yang kami tawarkan berbeda dari Distro yang telah ada, yaitu bahwa produk yang kami tawarkan berupa pakaian dan pernah-pernik bergaya Jepang.
Disamping itu Distro kami juga menawarkan pemesanan pakaian sesuai dengan selera konsumen yang terkait dengan gaya harajuku.

B. Kegiatan Usaha
a. Jenis Kegiatan : “Penjualan pakaian dan pernak-pernik Harajuku”
b. Lokasi : Karawang
c. Kondisi : Usaha kami ini jika digolongkan atau dibandingkan dengan dengan usaha-usaha lain merupakan usaha yang tergolong baik.
d. Besar Kecil : Bila dibandingkan dengan usaha-usaha luar, kami tergolong usaha kecil.

C. Sasaran
Adapun yang menjadi sasaran dari pengembangan produk ini adalah remaja (ABG) dan kawula muda para penggemar Harajuku Style.

D. Aspek Pemasaran
1. Strategi Pemasaran
a. Geografis : Daerah sekitar perusahaan distro.
b. Demografis : Dari kalangan komunitas harajuku, perusahaan pakaian, para remaja dan masyarakat.
c. Psikografis : Untuk para remaja yang menyukai penampilan yang menarik dalam segala suasana.
d. Perilaku : Produk distro ini sangat cocok sekali untuk para penggila harajuku style dengan jarangnya produk jasa sejenis yang menawarkan kualitas yang bagus.
2. Targeting
Akan menawarkan jasa ini dikalangan komunitas harajuku style, yang nantinya akan memperoleh pelanggan tetap dari para anggota komunitas tersebut.

3. Positioning
“Produk Harajuku Distro mempunyai kualitas yang bagus”
4. Taktik
a. Diferensation : Melakukan diferensiasi dalam kualitas dan bentuk yang menarik
b. Marketting Mix :
• Produk : “Pakaian dan Pernak-pernik Harajuku style”
• Price : Tergantung
• Place : Seluruh Karawang
• Promosi : Dengan menjelaskan langsung ke konsumen nilai yang ada dalam produk ini.
• Selling : Menjual langsung ke konsumen.

5. Nilai Pemasaran
a. Brand : “HARAJUKU STYLE”
b. Servis : Kualitas Produk yang bagus dan kenyamanan tempat
c. Proses : Dengan menawarkan langsung kepada konsumen keunggulan produk yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan yang ada.

E. Aspek Keuangan
Modal awal usaha adalah Rp. 20.000.000 dari investor.
Dan rencana perhitungan adalah sebagai berikut:
Investasi Awal
1 unit Komputer dan Printer Rp. 5.000.000,-
Mesin Hot Press Rp. 2.000.000,-
Total Rp. 7.000.000,-
Biaya Produksi
Sewa tempat Rp. 600.000,- per bulan
gaji (5 orang) Rp. 5.000.000,- per bulan
keperluan (listrik, air, telp) Rp. 300.000,- per bulan
Beli Kaos + Pernak-pernik Rp. 2.000.000,-
Biaya Produksi 1 lusin kaos Rp. 600.000,-
Total: Rp. 8.500.000,-
TOTAL INVESTASI DAN BIAYA PRODUKSI Rp. 15.500.000,-


Kami asumsikan pendapatan per bulan Rp. 15.500.000 dengan kalkulasi sebagai berikut :


1. Penjualan Produk
• Kaos : 50 item
• Pernak-pernik : 100 item
• Pemesanan Kaos : 5 lusin

2. Harga Jual Produk
• Kaos : Rp. 100.000,-
Nilai Jual produk selama 1 bulan : Rp. 5.000.000,-
• Pernak-pernik : Rp. 15.000,-
Nilai Jual produk selama 1 bulan : Rp. 1.500.000,-
• Pemesanan Kaos : Rp. 900.000,- per lusin
Nilai jual pemesanan produk selama 1 bulan : Rp.4.500.000,-

3. Perhitungan Laba – Rugi :
• Komputer, Printer dan Mesin Hot Press diasumsikan memiliki nilai ekonomis 3 tahun, maka nilai penyusutan per produksi ( 1 bulan ) adalah Rp 7.000.000,- / 36 = Rp 194.444,44 = Rp.195.000,-
• Kebutuhan biaya operasional rata-rata perbulan = Rp 195.000,- + Rp 8.500.000,- = Rp 8.695.000,-
• Proyeksi Laba per bulan = Rp 11.000.000,- - Rp 8.695.000,- = Rp 2.305.000,-

F. Prospek Pengembangan Usaha
Usaha ini masih dapat dikembangkan khususnya di daerah Karawang dikarenakan masih minimnya distro yang mengkhususkan diri pada harajuku style dan semakin banyaknya penggemar harajuku style yang tersebar dalam berbagai komunitas yang ada di Karawang ini. Sehingga dimasa yang akan datang usaha ini dapat berkembang lebih pesat lagi.


G. Penutup
Demikianlah data-data ini kami buat sebagai suatu acuan dalam pembuatan dan pengelolaan usaha Harajuku Distro. Dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik modal dan pihak yang ingin bekerjasama untuk menanamkan modal sebagai bimbingan teknis dalam pengelolaan Distro nantinya. Semoga bermanfaat bagi pribadi kami khususnya dan masyarakat banyak pada umumnya amin. Dan kurang lebihnya kami mohon maaf. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan Berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.

Referensi : www.4shared.com

0 komentar:

Posting Komentar

My Playlist


MusicPlaylistRingtones

Blog Fish

Formspring - Question for Dephy

My Article

About me

Foto saya
Gw orangnya cool, pendiam, tpi klw dah kenal sma gw.. orgnya asyik, n cpet akrab... Kesibukan gw banyak bgt sampai-sampai kadang jarang di rumah.. dan kadang-kadang juga seharian nongkrong dpan komputer.. heuheu...

Chat with me

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Counter

125x125 Ads1
Dephy Music Course