30 Days Test

Stephen Covey, penulis buku "7 Habits of Highly Effective People" memberikan nasehat yang baik untuk mendisiplin diri. Covey menyebutnya "30 day test". Nasehatnya adalah: buatlah tujuan atau komitmen selama 30 hari. Misalnya, anda akan berolahraga rutin selama 30 hari, anda akan tetap berpikir positif selama 30 hari atau anda tidak akan berbohong selama 30 hari, atau komitmen-komitmen lainnya. Bila kita melakukannya secara rutin selama 30 hari berturut-turut, kita akan menjadi terbiasa dengan hal itu. Bila anda gagal sebelum 30 hari, ulangi komitmen anda dan mulai dari hari pertama lagi.

Hidup dengan disiplin memang hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi disiplin adalah sesuatu yang mau tidak mau harus dimiliki setiap orang yang ingin mencapai tujuannya. Tanpa disiplin, kita akan lebih banyak kehilangan energi, waktu, biaya dan juga kehilangan fokus. Itu sebabnya sangat perlu bagi kita untuk melatih diri sedikit demi sedikit supaya kita memiliki kebiasaan untuk mendisiplin diri dalam segala hal.

Bagaimana kita dapat menciptakan sebuah kebiasaan yang baik? Sederhana saja. Habit is repeated action! Ya, kebiasaan adalah tindakan yang dilakukan berulang kali. Saat kita mulai berulang kali bangun pagi, pastilah suatu saat kita akan dengan mudahnya bangun pagi bahkan akan sulit untuk bangun siang hari. Saat kita terbiasa melewati rute tertentu saat berangkat kerja, pastilah suatu saat kita bahkan secara otomatis akan menggerakkan kendaraan kita ke arah rute itu tanpa berpikir. Itulah kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi karakter dan kepribadian kita.

Jadi, jika kita ingin membiasakan diri melakukan sesuatu, metode 30 day test yang sederhana tapi ampuh ini dapat kita lakukan. Misalnya, anda ingin disiplin dalam hal waktu. Coba sebisa mungkin tidak terlambat selama 30 hari berturut-turut. Kalau kita gagal di tengah jalan, jangan jadikan hal ini alasan bahwa anda mustahil melakukannya. Ulangi dari awal, tetap miliki komitmen yang kuat. Percayalah anda akan mampu menyelesaikan 30 hari itu dengan sempurna. Lalu lihatlah perubahan apa yang terjadi dalam diri anda, apa yang anda lakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan anda. Selamat mencoba....

0 komentar:

Posting Komentar

My Playlist


MusicPlaylistRingtones

Blog Fish

Formspring - Question for Dephy

My Article

About me

Foto saya
Gw orangnya cool, pendiam, tpi klw dah kenal sma gw.. orgnya asyik, n cpet akrab... Kesibukan gw banyak bgt sampai-sampai kadang jarang di rumah.. dan kadang-kadang juga seharian nongkrong dpan komputer.. heuheu...

Chat with me

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Counter

125x125 Ads1
Dephy Music Course