Terus Diasah

Sejarah olahraga mencatat nama seperti Franz Beckenbauer (Jerman) sebagai seorang yang bisa dibilang sanngat sukses dalam kariernya. Sewaktu muda dan aktif sebagai pemain sepakbola, ia sukses membawa negaranya menjuarai Piala Dunia, meraih berbagai titel kejuaraan bagi klub yang dibelanya, dan beberapa kali dinobatkan sebagai pemain terbaik. Namun, tidak hanya di situ, tatkala ia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola, ternyata ia tetap sukses. Kariernya tetap cemerlang dan tidak kalah saat dirinya masih turun bermain. Apa yang ia lakukan? Selepas pensiun, ia bersekolah dan mengasah ilmu dalam hal kepelatihan. Hebatnya, sebagai pelatih ia sukses membawa klubnya Bayern Muenchen meraih berbagai titel juara. Kesempatan melatih timnas Jerman pun didapatnya. Puncaknya, ia membawa Jerman menjadi juara dunia. Hingga hari ini, Franz tetap menjadi salah satu pimpinan tertinggi di klubnya dan ia tetap bekerja keras. Dalam sepakbola, hanya segelintir orang yang bisa berprestasi seperti Franz. Yang lebih banyak terjadi adalah orang merasa sudah habis dan tidak mampu menghasilkan apapun ketika ia menua dan berhenti bermain. Tapi Franz membalikkan anggapan itu. Kemampuan baru akan benar-benar habis jika tidak diperbaharui dan tidak diasah.

Seorang penebang mengasah kapaknya. Seorang pemburu mengencangkan busurnya. Seorang nelayan menambal jalanya. Seorang guru membaca lebih banyak buku. Mereka semua harus memperbaharui peralatannya. Mereka adalah anda dan saya. Ini adalah prinsip sederhana tentang produktivitas. Tentu, tidak akan banyak pohon yang ditebang oleh kapak yang telah tumpul dan aus. Tidak akan ada buruan yang mampu ditangkap oleh busur yang telah renta. Tidak ada ikan akan ditangkap dengan jala yang koyak. Dan tidak ada murid lebih pintar jika gurunya saja ketinggalan ilmu. Satu pertanyaan untuk anda, sudahkah anda memperbaharui "peralatan" dan ilmu anda dalam bekerja?

Ingat, tubuh bisa makin renta terkikis usia, kecerdasan juga bisa menurun tertinggal zaman. Maka kita perlu merawat tubuh kita agar tetap menjadi rumah yang nyaman bagi jiwa. Jangan berhenti untuk mengasah pikiran dan keterampilan kita, sebab masih banyak prestasi yang bisa kita hasilkan. Zaman boleh berganti, kekuatan boleh menurun, tapi tidak ada kata berhenti dalam belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

My Playlist


MusicPlaylistRingtones

Blog Fish

Formspring - Question for Dephy

My Article

About me

Foto saya
Gw orangnya cool, pendiam, tpi klw dah kenal sma gw.. orgnya asyik, n cpet akrab... Kesibukan gw banyak bgt sampai-sampai kadang jarang di rumah.. dan kadang-kadang juga seharian nongkrong dpan komputer.. heuheu...

Chat with me

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Counter

125x125 Ads1
Dephy Music Course